Total Tayangan Halaman

Kamis, 30 Mei 2013

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami


Kunyit atau kunir tentunya tidak asing di telinga kita. Tanaman biasanya digunakan sebagai bumbu ataupun pewarna alami dalam makanan tetapi juga bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Kunyit mengandung kurkumin, desmetoksikumin sebesar 10%, serta kandungan  bisdesmetoksikurkumin 1 sampai 5%.  Zat- zat lain dalam kunyit yang bermanfaat adalah minyak atsiri yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, 60% tumeon, 25% Zingiberen, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kandungan lemak dalam kunyit sebesar 1 -3%, 3 % karbohidrat, 30% protein, 8% pati, Vitamin C 45-55%,zat besi, fosfor, dan upkalsium.

Di India kunyit sudah dimanfaatkan sejak 2500 tahun yang untuk pengobatan. Khasiat antispetik dan anti bakteri dalam kunyit memiliki kemampuan yang sama dengan fluoride untuk gigi, selain itu juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan psoriasis dan peradangan sendi, serta mengatasi masalah depresi dan pencernaan.

Berikut adalah manfaat atau khasiat  kunyit untuk kesehatan:
  1. Kunyit memiliki kemampuan meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin memiliki kemamputan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru sehingga dengan kemampuan ini kunyit dapat mencegah dan mengobati kanker.
  3. Efek farmakologis yang terkandung dalam kunyit dapat melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa lelah dan nyeri saat datang bulan atau haid.
  4. Kunyit mampu sebagai antikoagulan alami yang dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis.
  5. Kunyit memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung,rematik, usus buntu dan asma.
  6. Sifat analgesik alami kunyit dapat mengurangi rasa nyeri. Sifat analgesik dan antiinflamasinya kunyit dapat mengobati artritis dan rheumatoid artritis.
  7. Kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak sehingga dapat menghambat penyakit pikun

Cara pengolahan kunyit untuk mengatasi berbagai macam penyakit
Demam
Bahan: rimpang kunyit 20g,air matang 100ml
Cara pengolahan:
Bersihkan rimpang kunyit kemudian diparut. Campur hasil parutan dengan 100ml air. Kemudian peras dan saring.
Air hasil perasan kunyit diminum sebanyak 2 kali sehari.

Diare
Kunyit yang sudah diiris dicampur dengan 1 sendok air kapur sirih. Rebus dan aduk sampai rata. Setelah mendidih kemudian didinginkan dan disaring. Minum 3 kali sehari sampai sembuh.

Borok
Kunyit sebesar ibu jari diparut dan dicampur dengan 1 sendok air kapur sirih dan perasan 1 jeruk nipis, kemudian diaduk sampai rata. Oleskan ramuan tersebu ke bagian borok yang sakit.

Gatal dan Cacar Air
1 potong kunyit diblender dengan segenggam daun asam yang sudah dicuci. Kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus. Oleskan ramuan pada bagian cacar air atau tubuh yang gatal.

Keputihan
Parut kupasan kunyit tua sebanyak 15gram. Campurkan parutan dengan 150ml air asam dan gula jawa, kemudian aduk sampai merata. Peras campuran bahan tersebut kemudian saring dan minum setiap hari.Baca Selengkapnya Ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar