Total Tayangan Halaman

Minggu, 05 Mei 2013

Haid ala Pria Disebut IMS, Bikin Pria Mudah Emosi

oleh Melly Febrida
Wanita suka uring-uringan jika menghadapi menstruasi atau lebih dikenal dengan Premenstrual syndrome (PMS). Tapi, pernahkan Anda melihat pria sering uring-uringan pada waktu tertentu dalam sebulan? Dan ternyata itu karena pria juga mengalami PMS.

Tentu saja, PMS yang dialami pria tidak berhubungan dengan persiapan rahim dan telur untuk pembuahan. Tapi, beberapa PMS pria itu disebut dengan IMS (Irritable Male Syndrom).

Seperti dikutip Cosmopolitan, Sabtu (4/5/2013), IMS dikaitkan dengan menurunnya kadar testosteran, hormon yang bisa meningkatkan libido pria. IMS bisa terjadi kapan saja karena kadar testosteron berfluktuasi pada siang hari. Tapi, hormon itu cenderung paling tinggi pada pagi hari dan menurun seiring berjalannya hari.

Hormon testosteron bisa mengurang karena beberapa faktor. Mulai dari stres, mengubah pola makan, dan apa saja yang bisa memengaruhi testosteron pria. Inilah yang menyebabkan PMS Pria.

Saat mengalami IMS, pria juga memiliki perasaan seperti saat wanita mengalami PMS baik secara psikis maupun emosional. Pria jadi sering marah-marah dan murung. Pria yang IMS juga merasa sangat cemas, depresi, dan rendah diri.

Ketika pria IMS, berusahalah bicara dengannya dan konsultasilah ke dokter jika situasi makin mengkhawatirkan. Dokter bisa meresepkan obat atau membantu mengatur perubahan diet, saran menghilangkan stres, hormon, obat-obatan yang diperlukan.Sumber Bacaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar