Total Tayangan Halaman

Sabtu, 29 Juni 2013

Obat Alami Untuk Mengobati Batuk Pilek

sumber gambar google
Cuaca akhir-akhir ini tidak menentu. Di pagi hari mentari sudah terik bersinar, bisa saja tiba-tiba hujan di siang hari. Banyak yang jatuh sakit, termasuk saya dan mungkin juga anda "__"

1. Kunir Asem

Kunir asem lebih dikenal khasiatnya sebagai jamu galian singset atau untuk menurunkan berat badan. Padahal zat antibiotik pada kunir/kunyit bisa berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Begitu juga vitamin C yang tinggi pada asam jawa.

Cara membuatnya: Kunir di kupas kulitnya lalu diparut atau diblender (bisa juga hanya dipotong kecil-kecil), kemudian direbus dengan asam jawa dan gula jawa/gula aren. Biarkan mendidih dan air berkurang hingga seperempat dari yang Anda pakai.

Untuk pengobatan, minum hangat-hangat, sehari 4-5 kali sehari. Saya sudah membuktikan, batuk dan pilek dalam waktu 2 hari langsung hilang.

2. Kencur dan Jeruk Nipis

Kencur jeruk nipis sudah terkenal banget ya sebagai obat alami untuk batuk. Ada beberapa cara menggunakan dua obat alami ini. Yang pertama, kencur dimamah/dikunyah setelah dikupas, kalau yang tidak kuat rasa getirnya bisa memilih cara yang kedua. Yang kedua, kencur diparut dan diambil airnya, ditetesi madu. Jika tetap tidak bisa bersahabat dengan rasa kencur, Anda bisa memakai cara yang ketiga, yaitu, jeruk nipis diambil airnya, cukup satu sendok saja, kemudian ditetesi kecap/madu.

Saya mendapatkan cara yang keempat ketika sakit kemarin, kencur diparut dan diambil airnya, kemudian beri perasan air satu buah jeruk nipis. Beri sedikit garam. Ramuan ini bisa untuk menurunkan panas tubuh. Minum 4-5 kali sehari.

3. Kunir dan Jeruk Nipis

Saya pernah mengalami ketika panas dan pilek sudah sembuh, eh batuknya masih betah. Jika kencur dan jeruk nipi tidak mempan, kemungkinan terbesarnya amandel saya yang bermasalah. Dan untuk mengatasinya, saya membuat ramuan yang terdiri dari kunir dan jeruk nipis.

Cara membuat: kunir dikupas dan diparut. Ambil airnya saja. Beri perasan air satu buah jeruk nipis. Kemudian tambahkan madu sebanyak dua sendok makan dan garam sedikit, Aduk dan bisa segera dimunum.
 
4. Uap
 
Mandi dengan air hangat juga dapat menolong anda meredakan batuk. disamping itu, bila anda menderita demam, alergi, serta asma, seluruh problem tersebut lalu dapat di tangani. karena air hangat yang menyebabkan uap dapat melembapkan situasi tenggorokan yang kering akibat batuk.SB
-----000-----

Ada tiga tips agar obat alami ini bisa bekerja maksimal, yaitu:

1. Beli kunir dan kencur yang empu (ini bahasanya bakul empon-empon). Ciri-cirinya sih, bentuknya lebih besar, dan warna kuning untuk kunir lebih pekat. Pilih yang masih dalam kondisi baik ya.Jeruk nipis pilih yang kulitnya tipis, itu pertanda mengandung lebih banyak air. Sebelum digunakan pencet-pencet dulu jeruknya, supaya menghasilkan air yang banyak.

2. Makan makanan yang ‘lebih’ bergizi ketika sakit supaya cepat sembuh. Jangan lupa perbanyak juga minum air putih, buah, dan sayur. Diusahakan istrahat yang cukup, karena sakit itu juga bisa diartikan sebagai sinyal bahwa tubuh perlu istirahat.

3. Untuk batuk ada beberapa pantangan makanan yang harus ditaati, seperti makanan yang digoreng dan makanan yang rasanya pedas atau berbumbu tajam. Penyakitnya biar sembuh dulu, baru deh makan makanan itu lagi ya.

Obat alami untuk mengatasi batuk pilek diatas, sudah saya praktekan dan terbukti manjur. Obat alami memang tidak langsung terasa khasiatnya dengan sekali minum, jadi memang harus sabar dan agak ribet menyiapkannya. Tapi, untuk meminimalisir masuknya obat-obat kimia ke tubuh kita, tidak ada salahnya kan kita repot sedikit?SB
 
Salah Obat Bikin Pikun

Jika batuk sudah kronis,mastinya segera dibawa ke dokter. Batuk disebabkan virus,cukup diobati dengan obat batuk yang dijual bebas,tapi perlu hati-hati sebab setiap obat batuk ada efek sampingnya. Selain itu,dosis juga mesti ditepati. Soalnya,kalo pemakaiannya melebihi dosis,akan berakibat pada ginjal. Tak kalah penting adalah memperhatikan kandungan obat bagi penderita tertentu,misalnya sakit maag karena obat batuk yang beredar mencapai ratusan merek.
 
Bahkan seperti yang diutarakan pada acara ilmiah tentang infeksi saluran nafas di Semarang (29April1994) ada obat yang bisa menyebabkan orang tua menjadi pikun,atau mempercepat orang menjadi pikun. Bromida,yang dikandung sebuah obat batuk yang beredar di pasaran bisa mempengaruhi sistem saraf di otak,terutama fungsi daya ingat dan kognitif.

Obat batuk baiasanya terdiri atas zat pereda batuk dan expectorant. Zat pereda batuk ini tidak dapat menghalau lendir tapi menekan saraf  batuk. Efeknya menimbulkan kantuk ringan dan mual. Sedangkan ekspectorant berfungsi mendorong zat-zat asing dari paru-paru dengan mengeluarkan lendir dan mudah dikeluarkan melalui batuk. Zat ini bekerja dengan merangsang permukaan lambung yang mengakibatkan rasa mual dan muntah. Anti tusif ada yang bersifat narkotik seperti codein,biasanya pemakaian jangka lama menyebabkan ketergantungan,dan non narkotik seperti noskapin,dextrometorphan. Anti histamin merupakan anti alergi yang dipromosikan bisa membantu mengeringkan hidung dan melegakan pernafasan,ternyata bisa mengakibatkan saluran nafas menjadi kering dan nafsu makan berkurang.SB
 
~ ~ ~ Semoga bermanfaat ~ ~ ~
 
 Silahkan klik link artikel dibawah ini :
 Mana yang Lebih Aman, Jalan Kaki atau Lari?

1 komentar:

  1. Batuk pilek pada anak kebanyakan disebabkan oleh virus. Pada dasarnya tidak diperlukan obat sama sekali. Obat yang diberikan tidak akan mempercepat penyembuhannya, tetapi hanya membantu ia merasa lebih nyaman. TTemukan cara terbaik menanggulangi batuk pilek pada anak hanya di Tanyadok.com

    BalasHapus